TAK SADARKAH KITA BUMI SEDANG MENANGIS KARENA KEEGOISAN KITA..BANTULAH BUMI DENGAN SESUATU YANG BISA KITA PERBUAT... AGAR BUMI TERSENYUM KEMBALI ....SAVE EARTH... agung valentino GUNADARMA UNIVERSITY

Kamis, 22 Juli 2010

Pengenalan Komputer dan Istilah Bahasa Pemrograman

sebelum masuk ke bagian komponen komputer saya akan menjelaskan sedikit mngenai kata komputer dan fungsinya.. sebenarnya kata "komputer " berasal dari bahasa latin yaitu computare dan bahasa inggris : to compute yang berarti menghitung dan fungsi dasar komputer adalah eksekusi program yang terdiri dari sekumpulan instruksi yang disimpan dalam memori.

KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
komputer memliki 2 komponen utama, yaitu hardware dan software, hardware terdiri dari komponen elektronik dan software terdiri atas program yang digunakan untuk mengoperasikan hardware...

MEMORY
Memory terbagi 2 yaitu memory primer dan sekunder
- memory primer atau RAM(random acces memory) berkarakteristik : akses random,secondary memory,volatile(informasi ada selama komputer bekerja, digunakan untuk menyimpan data biner secara permanen.
- memory sekunder kebalikan dari memory primer ia dapat menyimpan data walaupun tidak ada listrik yang mengalir. contohnya :hard disk,flash disk,cd rom dll.

INPUT DAN OUTPUT DEVICE
-Input Device berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar, seperti: keyboard,mouse,touch screen,scanner,camera.

-Output Device berfingsi sebagai media komputer untuk memberikan pengeluaran, seperti :monitor,printer,speaker,plotter.

COMPILER
Compiler merupakan penerjemah antara manusia dan komputer agar komputer merespon apa yang diperintahkan manusia. sebenarnya komputer hanya memahami 1 bahasa yaitu bahasa mesin (biner) yang terdiri dari 1 dan 0 karena dirasa tidak efisien dan praktis maka dibuatlah compiler.

BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa Pemrograman adalah suatu alat komunikasi untuk mengekspresikan suatu instruksi pada komputer.

Algoritma
Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

FLOWCHART
Flowchar ialah diagram alur yang menggunakansimbol dan tanda untuk menlesaikan masalah.

PSEUDOCODE

merupakan alat bantu algoritma yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma.

IDENTIFIER

merupakan identitas atau nama yang diberi untuk menamai class,interface,variable dan method.

KEYWORD DAN RESERVED WORD

Merupakan kumpilan kata tercadang pada bahasa pemrograman yang tidak boleh digunakan sebagai identifier karen sudah memiliki fungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar